Manfaat Konsumsi Buah Dan Sayur Untuk Tubuh

Manfaat buah buahan untuk kesehatan dan menghilangkan penyakit tentu sangat beragam, manfaat buah buahan dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit. Beberapa artikel mengenai Manfaat buah memang telah banyak dibahas, namun sebenarnya manfaat ini dapat beragam tergantung dari buah dan jenisnya. Dengan mengkonsumsi buah maka kita akan mendapatkan gizi dan menjaga kesehatan kita. Buah juga dapat meningkatkan energi dan kebutuhan vitamin pada tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat buah buahan yang harus kita ketahui sebelum mengkonsumsi buah tersebut.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan apabila kita mengkonsumsi buah dan sayur. Apa saja manfaat yang didapatkan? Berikut ini adalah manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi buah dan sayur rutin setiap hari:
  • Akan terhindar dari berbagai macam penyakait yaitu gangguan pencernaan, kanker, diabetes serta penyakit kardiovascular. Hasil penelitian di Amerika (survey) menunjukan bahwa apabila mengkonsumsi 3 porsi buah dan sayur maka penyakit kardiovaskular akan berkurang. Badan Penelitian Penyakit Kanker Dunia juga menyatakan bahwa resiko terkena kanker akan berkurang sampai 20 % apabila kita mengkonsumsi 5 porsi buah dan sayur atau lebih. Makanan yang mempunyai serat tinggi (buah dan sayur) bermanfaat dalam mencegah terjadinya penyakit pencernaan seperti kanker usus besar dan diabetes. Hal ini terbukti di negara-negara yang diet tradisionalnya nya menghindari makanan dari serelia, sayur dan buah.
  • Obesitas (kelebihan berat badan) akan menghilang secara perlahan karena buah dan sayur mempunyai kalori yang rendah dan bebas dari lemak jahat yang dapat membahayakan tubuh. Apabila konsumsi buah dan sayur secara rutin berarti asupan kalori akan menurun sehingga dapat membakar lemak yang ada dalam tubuh. Hal ini terjadi pada saat kalori yang dikeluarkan oleh tubuh lebih banyak dibandingkan kalori yang masuk.
  • Dapat mengontrol berat badan karena serat yang tinggi menyebabkan merasa kenyang sehingga kita tidap perlu makan snack (ngemil) berkalori tinggi.
  • Memperlancar buang air besar (setiap hari). Kandungan serat yang tinggi ( 5 porsi buah dan sayur) akan membuat metabolism dalam tubuh bekerja dengan lancar sehingga proses buang air besar (hajat) lebih lancar. Kotoran yang kita keluarkan juga tidak keras serta tubuh pun sehat. Kita akan terhindar dari penyakit pencernaan atau masalah pencernaan seperti wasir atau akan terhindar dari yang lebih parah (berdarah) bagi yang telah terkena wasir.
  • Membuat tubuh lebih energik dan segar. Buah dan sayur banyak mengandung vitamin dan mineral sehingga membuat tubuh lebih energik dan segar. Vitamin serta mineral akan membantu kita terhindar dari serangan penyakit seperti influenza yang disebabkan oleh virus atau serangan bakteri lain. Buah dan sayur sangat diperlukan untuk masa pemulihan (recovery) saat kita sakit.
 Manfaat Dari Kandungan Buah Buahan :
  1. Mengandung vitamin dan mineral yang tinggi seperti vitamin A), vitamin C, vitamin E, fosfor, asam folat dan zinc yang bermanfaat bagi tubuh.
  2. Buah bebas dari kolestrol sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung, kolestrol, tekanan darah tinggi atau penyakit lainnya.
  3. Merangsang kemampuan otak ( mengingat dan mengolah informasi) serta mencegah penyakit Alzheimer (kepikunan).
  4. Terhindar atau mencegah dan mengobati kanker karena buah yang berwarna ungu dan merah (tomat, strawberry) mengandung lycopenen dan antosianin yang tinggi yang dapat mengatasi kanker.
  5. Sumber utama antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas sehingga dapat terhindar dari penyakit.
  6. Membuat kita lebih relax dan bahagia karena dapat menghilangkan depresi.
  7. Buah banyak mengandung serat yang dapat mencegah terjadinya sembelit (susah buang air besar), wasir bahkan kanker kolon.
  Post by : Kantor QnC Jelly Gamat

0 Response to "Manfaat Konsumsi Buah Dan Sayur Untuk Tubuh"

Posting Komentar